Direktur Pascasarjana UNG, Buka Pengabdian Kolaboratif Dosen dan Mahasiswa di Desa Modelidu, Kecamatan Telaga Biru

Oleh: Rustam Tohopi . 11 Agustus 2024 . 20:06:09

Gorontalo, 11/8/2024. Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dari Program Studi Magister Administrasi Publik. Kegiatan ini diberi tema: “Pengembangan Agrowisata dengan Pendekatan Kolaboratif di Desa Modelidu, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo” ini berlangsung di Aula Kantor Desa Modelidu dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk aparatur desa serta masyarakat setempat.

Acara ini dibuka langsung oleh Direktur PPs UNG, Prof. Dr. Ir. Mahludin H. Baruwadi, MP, yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya sinergi antara dunia akademik dan masyarakat dalam mengembangkan potensi daerah, terutama dalam bidang agrowisata. Hal ini penting dilakukan secara berkala. “Saya harap dengan adanya Pengabdian kolaboratif ini, desa Modelidu dapat mengembangkan menjadi desa agrowisata, kalau dilihat desa ini sangat potensial untuk hal itu” ungkap Mahludin. Desa Modelidu perlu melihat dan mengamati secara holistik perkembangan Agrowisata yang ada diindonesia sekarang ini, terutama bagi para entrepreneur yang hobby dengan pencinta alam dengan menikmati sajian-sajian yang diberikan para pemangku ekonomi lokal desa yakni UMKM desa Modelidu untuk menjadi penarik bagi wisatawan lokal bahkan nasional.

Melihat kondisi desa berada diataran yang sangat mendukung menjadi Agrowisata, karena disekitar desa dikelilingi dataran lebah kaki gunung dan aliran Sungai bolango yang memanjang hal ini menjadi bagian yang memiliki view pemandangan yang indah bagi setiap pengunjung..

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Desa Modelidu, Bapak Karim M. Anunu, yang memberikan sambutan dalam pembukaan. Beliau menyampaikan apresiasi dan sangat mendukung penuh atas kegiatan ini dan berharap agar program pengembangan agrowisata dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian desa. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua LPM, Ketua BPD, serta aparatur desa lainnya. “kami pemerintah desa pada dasarnya sangat apresiasi dan berharap kegiatan pengabdian seperti ini dapat dilakukan secara kontinyu, dan kami berharap pihak kampus dapat melakukan terus di Desa Modelidu”. Desa Modelidu saat ini terus melakukan Pembangunan dan mengembangkan ekonomi desa melalui pengembangan Unit Usaha BUMDesa. “kami saat ini alhamdulilah telah memperoleh bantuan langsung bibit kopi jenis Rebusta sebanyak 4000 bibit yang siap tanam dari Pemda Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pertanian” ungkapnya.

Sementara dalam sesi pengantar, Koordinator Prodi Magister Administrasi Publik, Dr. Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si memberikan gambaran mengenai konsep pengabdian kolboratif dosen dan mahasiswa dengan pendekatan kolaboratif yang diterapkan dalam kegiatan ini, di mana keterlibatan berbagai pihak, baik dari akademisi, pemerintah desa, hingga masyarakat umum, menjadi kunci utama keberhasilan pengembangan agrowisata di Desa Modelidu. Hal ini menjadi bagian penting dilakukan bagi akademisi dalam membantu pemerintah desa Modelidu. 

    

Dalam pengabdian ini menghadirkan Narasumber dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Gorontalo Ibu Rita Idrus, S.Pd.,M.Pd. dan Pengelola Wisata Pasambaya Modelidu Mustafa Abd. Gani. Diharapkan dengan adanya materi ini dapat memotivasi Masyarakat terutama pengelola BUMDesa agar dapat meningkatkan unit usaha baru dan dapat membantu Masyarakat dalam kesejahteraan ekonomi keluarga. Sebelum pemberian materi dari narasumber, diawali dengan pemutaran video tentang desa yang telah berhasil mengembangkan desa Agrowisata yang ada di Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam pengembangan Desa Modelidu sebagai destinasi agrowisata unggulan di Gorontalo khususnya Kabupaten Gorontalo, serta memperkuat kolaborasi antara kampus dan masyarakat dalam membangun desa yang mandiri dan berdaya saing.

 

Agenda

20 September 2024

Ujian Seminar Proposal

Zainal Antula

30 Agustus 2024

Kuliah Umum Semester Ganjil 2024

Kuliah Umum Prof. Dr. Haedar Akib, M.Si.

12 Juni 2024

UJian Tutup Tesis

Iyut Niode
Rafsanjani Datau
Arianti Dunggio
Iswahyudi Mauke
Laswi Kamali

11 Juni 2024

UJian Tutup Tesis

Asna Lahinta
Nisfa Didipu
Satra Novita Moki
Yunita Lalantu
Delki Ismail